Wajib Dibaca

Rokok Menyebabkan Penyakit Paru-Paru?

Menghirup asap rokok berarti memasukkan ribuan racun berbahaya ke dalam tubuh terutama paru-paru. Penyakit paru-paru merupakan penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian pada perokok. Secara statistik jumlah orang yang mati akibat merokok mencapai 3 kali lipat lebih banyak dibanding angka kematian...

Selengkapnya...

Visit Berhenti Merokok on Facebook

Langkah-langkah berhenti merokok

Kategori Berhenti Merokok

1

Merokok adalah sebuah kebiasaan yang buruk dan susah untuk dihentikan. Banyak dianatara para perokok yang sudah mengetahui resiko merokok, namun mereka tidak menyadari resiko tersebut dan tetap meneruskan kebiasaan merokok mereka. Jika Anda adalah salah satu perokok yang memiliki keinginan untuk berhenti merokok, berikut langkah-langkah yang dapat anda tempuh untuk berhenti merokok:

  1. Tentukanlah tanggal Anda akan memulai untuk stop merokok dan berusahalah untuk konsekuen dengan ketetapan yang telah Anda buat tersebut. Jangan sesekali tergoda untuk menyentuh kembali rokok setelah Anda membuat komitmen tersebut.
  2. Buatlah diri Anda sesibuk mungkin. Isilah waktu luang Anda dengan kegiatan bermanfaat seperti olahraga dan membaca. Kegiatan seperti ini dijamin akan membuat Anda lupa dengan rokok.
  3. Jika ingin stop merokok, buanglah asbak, korek, dan rokok dari sekitar Anda. Benda-benda ini akan mengingatkan Anda untuk kembali merokok.
  4. Minumlah yang banyak, jika Anda mengonsumsi banyak cairan (air putih, jus, teh, atau minuman lainnya) maka keinginan Anda untuk merokok akan hilang. Jika Anda adalah tipe orang yang mudah bosan, Anda dapat membuat variasi terhadap menu minuman Anda setiap hari.
  5. Tingkatkan aktifitas tubuh, sesekali pilihlah untuk berjalan kaki atau bersepeda dibandingkan naik sepeda motor atau mobil. Hal ini akan memicu semangat Anda, sehingga Anda tidak butuh rokok lagi untuk menemani Anda dalam melakukan aktivitas Anda sehari-hari.
  6. Berpikir positif, di saat awal Anda mencoba untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda akan menjadi lebih cepat marah dan emosi Anda tidak stabil, ini adalah hal normal. Untuk menanggulangi cobalah untuk berpikir positif terhadap semua masalah yang Anda hadapi.
  7. Hindarilah tempat-tempat sumber rokok, jika biasanya Anda sering berkunjung ke pub yang penuh asap rokok, berusahalah untuk menghindari tempat itu untuk beberapa saat saja. Karena tempat seperti ini akan mengundang niat Anda untuk kembali merokok. Hal ini perlu Anda lakukan sampai Anda benar-benar kehilangan rasa ingin untuk merokok. Jika Anda sudah benar-benar bersih dari rokok, Anda dapat kembali ke tempat seperti itu, karena Anda sudah memiliki pertahanan yang kuat terhadap rokok.
  8. Tidak ada kata “hanya untuk sebatang saja”. Di saat Anda tidak berkonsentrasi biasanya muncul godaan “hanya untuk sebatang saja”, jangan ikuti godaan itu. Tetaplah pada komitmen untuk berhenti merokok yang telah Anda buat sebelumnya.
  9. Selalu sediakan permen karet di kantong Anda, ternyata mengunyah permen karet dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat Anda lupa dengan rokok. Di saat keinginan Anda untuk merokok itu muncul kunyahlah permen karet.
  10. Terakhir, setelah Anda benar-benar berhenti merokok buatlah sebuah pesta kecil untuk memberi tahu kerabat Anda bahwa Anda telah berhenti merokok. Setelah orang-orang tahu bahwa Anda telah berhenti, tentu Anda akan malu untuk kembali merokok.

Komentar (1)

ingin berhenti merokok tapi susah?
tenang. kami ada solusinya.
saya bisa membuat anda berhenti merokok INSTAN.

Beri Komentar